Home » » Makassar Bisa Tonk Ji

Makassar Bisa Tonk Ji

Written By Unknown on Rabu, 03 September 2014 | 04.50

1. KI'
Ki' kepanjangan dari Kita/Kita' atau Kita(k) yang berarti KAMU. Tapi lebih sopan. Contoh penggunaan dalam kalimat: DIMANAKI'? artinya: Kamu dimana? Biasa digunakan untuk orang yang lebih tua karena lebih sopan. DAN KALO ADA ORANG YANG LAGI PDKT sama kau, kentara sekali.. Kalo misalnya nah.. ada cowok yang pake Ki' Ki'.. ada kemungkinan dia naksir dan bicara terlihat sopan.. Tapi jangan GR dulu.. Banyak mi sekarang anak muda pake Ki' dengan sesamanya.. Karena memang agar terlihat sopan

2. KO
Sama ji juga dengan Kamu.. Cuma ini bukannya kurang sopan, cuma lebih akrab. Biasa digunakan buat teman-teman contoh: Woy.. Mauko kemana? artinya: Woy.. Kamu mau kemana? Sama ji kayak anak Jakarta.. Cuma mereka kan pake 'Elo!' Kalo di Makassar dia pake' 'KO!' Begitu .. Jangan pernah pake KO ke orang tua, guru, dosen, atau yang lebih tua.. TIDAK SOPAN!!

3. OKKOTS
Orang Makassar itu kebiasaan dengan kata OKKOTS, apa itu OKKOTS? kelebihan G dan kekurangan G. Saya mengambil contoh dari blognya Benjen.
Contoh: ayo pergi makanG deh.. sudah itu pulan miki.. arti: ayo pergi makan.. sudah itu kita pulang.. *HIDUP OKKOTSS!! YEAH.. jangan malu untuk ber-OKKOTS, temanG-temanG!!

4. MI / JI ..
Mi dan Ji itu seperti imbuhan.. contoh: AYO'MI! itu artinya seperti AYO LAH!! Kalo imbuhan JI, contoh penggunaan kalimatnya seperti ini: Huma ji yang kesana.. artinya: Cuma Huma yang kesana..

5. Tawwa..
Tawwa itu seperti pujian buat orang atau biasa digunakan untuk menggodai orang. Contoh dalam kalimat: CIE TAWWA.. YANG JADIAN! artinya: cieee yang udah jadian.. atau.. Liatko tawwa Si Beni.. Bagus nilainya artinya: Liat tuh Si Beni.. Bagus nilainya!!

6. Anu..
Oiya, jangan heran kalo orang sini doyan bilang ANU.. Anu ini bukan anu yang macam-macam.. Kadang-kadang ANU, dipake kalo misalnya orang itu sedang lupa atau memikirkan kata apa yang mau diucapkan.. contoh: Aduh itueee.. Si Anu.. Saya lupa namanya..

7. Kodong
Kodong itu buikan singkatan dari kedondong.. Kodong itu ekspresi kesedihan atau kekecewaan. Contoh: Hilang dompetku KODONG.. hiksss!! Terus balasan yang cocok untuk ekspresi diatasa adalah: Kodong! Hilang dompetmu? Selama' yaaa!! (ajaran sesat jangan ditiru!)

8. WE!!
Gaya memanggil orang Makassar, biasanya kan HEY! , kalo di Makassar terkenal dengan WE-nya! Contoh: WE HUMA!!

Oke mungkin diatas baru yang standar-standarnya! Mari kita mempelajari beberapa kosakata bahasa Makassar GAUL *Mohon maaf kalo ada orang Makassar yang baca ini, terus ada yang kurang.. Saya cuma manusia biasa ji kasianGGG!! oke, artinya saya pake bahasa gaul Indonesia (bahasa Jakarta. Selama' yah!!) Buat anak Jakarta yang baca.. peace out man.. mari kita tukar kebudayaan

9. BEDE'
BEDE' (cara bacanya BEDE' -E.nya sama dengan penyebutan kata tempe)
itu sejenis kalimat tambahan untuk kata 'KATANYA'..
contonya dalam kalimat.. katanya bede' justin bieber joget sambil kayang! ,kalo diartikan jadinya: eh katanya justin bieber, joget sambil kayang lho!
Share this article :

3 komentar:


  1. شركة نقل عفش
    اهم شركات مكافحة حشرات بالخبر كذلك معرض اهم شركة مكافحة حشرات بالدمام والخبر والجبيل والخبر والاحساء والقطيف كذلك شركة رش حشرات بالدمام ومكافحة الحشرات بالخبر
    شركة مكافحة حشرات بالدمام
    شركة تنظيف خزانات بجدة الجوهرة من افضل شركات تنظيف الخزانات بجدة حيث ان تنظيف خزانات بجدة يحتاج الى مهارة فى كيفية غسيل وتنظيف الخزانات الكبيرة والصغيرة بجدة على ايدى متخصصين فى تنظيف الخزانات بجدة
    شركة تنظيف خزانات بجدة
    شركة كشف تسربات المياه بالدمام
    شركة نقل عفش واثاث

    BalasHapus

  2. شركة كيان لنقل العفش بالرياض والمدينة المنورة وجدة ومكة والطائف والدمام تقديم لكم دليل كامل لشركات نقل العفش بالمملكة العربية السعودية
    نقل عفش شركة كيان
    دليل شركات نقل العفش
    شركة نقل عفش بالمدينة المنورة
    شركة نقل اثاث بالرياض
    شركة نقل عفش بجدة
    شركة نقل عفش بمكة
    شركة نقل عفش بالطائف

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.

Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel

 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amriani Hamzah Dara Daeng Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger