Home » » jenis, jenjang, dan manfaat

jenis, jenjang, dan manfaat

Written By Amriani Hamzah on Jumat, 15 Maret 2013 | 05.56

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Badan pendidikan dan pelatihan (Diklat) merupakan instansi pemerintah yang mempunyai tugas melaksanakan fungsi pendidikan dan pelatihan. Dalam hal ini, Badan Diklat bertanggung jawab terhadap kemajuan dan perkembangan kualitas pegawai negeri sipil. Badan diklat bertugas melayani kepentingan pegawai negeri sipil untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Oleh karenanya diharapkan pegawai memiliki pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan di bidang masing-masing.
Kebutuhan pendidikan dan pelatihan muncul karena adanya masalah-masalah yang mengganggu kinerja organisasi, seperti penurunan prestasi yang mencakup menurunya pelayanan. Selain itu, adanya kebutuhan diklat selain dipicu oleh permasalahan-permasalahan terkait dengan kualitas angkatan kerja yang ada, juga persaingan global, serta adanya alih teknologi. Kondisi masyarakat yang semakin maju baik tingkat ekonomi maupun sosial juga mempengaruhi kebutuhan pendidikan dan pelatihan. Tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan memberikan sinyal pada birokrasi untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian. Sebuah otrganisasi harus mampu beradaptasi secara cepat agar perubahan yang terjadi tidak menggangggu kinerja organisai.
Pendidikan dan pelatihan merupakan bagian dari pengembangan karyawan/pegawai dalam suatu organisasi. Karena hasil pelaksanaannya nanti akan menguntungkan individu/karyawan khususnya dan organisasi pada umumnya. Sehingga nantinya akan mampu melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan. Berdasar PP RI No. 101 tahun 2000, disebutkan bahwa tujuan diklat antara lain : meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap untuk dapat melakukan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan instansi, memantabkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat, menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir. Dengan adanya PP tersebut memberikan penekanan pada kualitas pegawai/pegawai negeri untuk selalu meningkatkan kapasitas/kualiatas diri yaitu dengan mengikuti diklat
Rumusan Masalah
Apa jenis-jenis dan jenjang pendidikan dan pelatihan (diklat) ?
Apa manfaat dari pendidikan dan pelatihan?
BAB II
PEMBAHASAN
Jenis- Jenis Dan Jenjang Diklat
Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pokok-Pokok Pendidikan dan Pelatihan Bagi PNS menyebutkan jenis pendidikan dan pelatihan terdiri dari dua macam, yaitu:
Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan
                Program ini diperuntukkan untuk pemberian bekal bagi peserta diklat dengan tujuan agar ia dapat terampil melaksanakan tugas yang dipercayakan kepadanya. Diklat Prajabatan ini untuk memberi pengetahuan dasar yang cukup bagi CPNS mengenai sistem penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika. Setiap CPNS wajib mengikuti dan lulus Diklat prajabatan ini. Setiap PNS wajib mengikuti Diklat ini selambat-lambatnya dua tahun setelah pengangkatan sebagai CPNS. Diklat ini merupakansuatu syarat untuk diangkat menjadi PNS.
                Diklat Prajabatan ini terdiri dari:
                1)            Diklat prajabatan golongan I untuk menjadi PNS golongan I,
                2)            Diklat prajabatan golongan II untuk menjadi PNS golongan II,
                3)            Diklat prajabatan golongan III untuk menjad PNS golongan III, 
Pendidikan dan Pelatihan dalam Jabatan
Program pendidikan dan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan mengembangkan mutu, keahlian, kemampuan, ketrampilan, sikap PNS agar dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan yang dipercayakan kepadanya dengan baik.
Program pendidikan dan pelatihan dalam jabatan terdiri dari :
Diklat Kepemimpinan (Diklatpim)
Tujuan diadakan Diklatpim ini untuk memenuhi persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jenjang eselon jabatan struktural tertentu. Diklatpim terdiri dari Diklatpim Tingkat IV untuk jabatan struktural eselon IV, Diklatpim Tingkat III untuk jabatan struktural eselon III, Diklatpim Tingkat II untuk jabatan struktural eselon II, dan Diklatpim Tingkat I, untuk jabatan struktural eselon I.


Diklat Fungsional.
Tujuan diadakan Diklat ini adalah untuk memenuhi persyaratan kompetensi yang sesuai dengan jenis dan jenjang jabatan fungsional tertentu. Jenis dan jenjang Diklat Fungsional untuk masing-masing jabatan fungsional ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan setiap instansi.
Diklat Teknis
Diklat ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan kompetensi teknis yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas yang bersifat teknis. Diklat ini dapat dilaksanakan secara berjenjang dan ditetapkan oleh instansi teknis yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan.
Manfaat Diklat
Menurut Siagian (1996) menyebutkan manfaat diadakannya program diklat menjadi dua, adalah:
Manfaat bagi perusahaan atau instansi
Peningkatan produktivitas kerja organisasi sebagai keseluruhan antara lain karena tidak terjadinya pemborosan, karena kecermatan melaksanakan tugas, tumbuh suburnya kerjasama antara berbagai satuan kerja yang melaksanakan kegiatan yang berbeda dan bukan spesialistik, meningkatkan tekad mencapai sasaran yang telah ditapkankan serta lancarnya koordinasi sehingga organisasai bergerak sebagai satu kesatuan yang utuh,
Terwujudnya hubungan yang serasi antara atasan dan bawahan antara lain karena adanya pendelegasian wewenang, interaksi yang didasarkan padasikap dewasa baik secara teknik maupun intelektual, saling menghargai, danadanya kesepatan bagi bawahan untuk berpikir dan bertindak secara inovatif,
Terjadinya proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat karena melibatkan seluruh pegawai yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan-kegiatan operasional dan tidak sekedar diperintahkan oleh para manajer,
Meningkatkan kesempatan kerja seluruh tenaga kerja dalam organisasi dalam komitmen organisasional yang lebih tinggi,
Mendorong sikap keterbukaan manajemen melalui penerapan gaya manajerial partisipatif,
Memperlancar jalannya komunikasi yang efektif yang pada gilirannya memperlancar proses perumusan kebijaksanan organisasi dan operasionalnya.
Penyelesaian konflik secara fungsional yang dampaknya adalah tumbuh suburnya rasa persatuan dan suasana kekeluargaan dikalangan anggota organisasi. 
Manfaat bagi para pegawai
Membantu pegawai membuat keputusan lebih baik,
Meningkatkan kemampuan para pekerja menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi,
Terjadinya internalisasi dan operasionalisasi faktor-faktor motivasi,
Timbulnya dorongan dalam diri para pekerja untuk terus meningkatkan kemampuan kerjanya,
Peningkatan kemampuan pegawai untuk mengatasi stres, prustasi dan konflik yang nantinya bisa memperbesar rasa percaya pada diri sendiri,
Tersedianya informasi tentang berbagai program yang dapat dimanfaatkan oleh para pegawai dalam rangka pertumbuhan masing-masing secara teknik maupun intelektual,
Meningkatnya kepuasan kerja,
Semakin besarnya pengakuan atas kemampuan seseorang,
Semakin besarnya tekad pekerja untuk lebih mandiri,
Mengurangi ketakutan menghadapi tugas baru di masa depan.
Mengacu pada seluruh uraian dari para pakar di atas bisa simpulkan bahwa manfaat yang dapat dipetik dari pelaksanaan program diklat adalah bermanfaat untuk individu dan juga bermanfaat bagi organisasi untuk mencapai tujuan, karena peningkatan kualitas pegawai berrmanfaat juga kepada peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan.


Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.

Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel

 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amriani Hamzah Dara Daeng Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger