jenjang diklat

Written By Unknown on Selasa, 19 Maret 2013 | 03.42

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Badan pendidikan dan pelatihan (Diklat) merupakan instansi pemerintah yang mempunyai tugas melaksanakan fungsi pendidikan dan pelatihan. Dalam hal ini, Badan Diklat bertanggung jawab terhadap kemajuan dan perkembangan kualitas pegawai negeri sipil. Badan diklat bertugas melayani kepentingan pegawai negeri sipil untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Oleh karenanya diharapkan pegawai memiliki pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan di bidang masing-masing.

Kebutuhan pendidikan dan pelatihan muncul karena adanya masalah-masalah yang mengganggu kinerja organisasi, seperti penurunan prestasi yang mencakup menurunya pelayanan. Selain itu, adanya kebutuhan diklat selain dipicu oleh permasalahan-permasalahan terkait dengan kualitas angkatan kerja yang ada, juga persaingan global, serta adanya alih teknologi. Kondisi masyarakat yang semakin maju baik tingkat ekonomi maupun sosial juga mempengaruhi kebutuhan pendidikan dan pelatihan. Tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan memberikan sinyal pada birokrasi untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian. Sebuah otrganisasi harus mampu beradaptasi secara cepat agar perubahan yang terjadi tidak menggangggu kinerja organisai.

Pendidikan dan pelatihan merupakan bagian dari pengembangan karyawan/pegawai dalam suatu organisasi. Karena hasil pelaksanaannya nanti akan menguntungkan individu/karyawan khususnya dan organisasi pada umumnya. Sehingga nantinya akan mampu melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan. Berdasar PP RI No. 101 tahun 2000, disebutkan bahwa tujuan diklat antara lain : meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap untuk dapat melakukan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan instansi, memantabkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat, menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir. Dengan adanya PP tersebut memberikan penekanan pada kualitas pegawai/pegawai negeri untuk selalu meningkatkan kapasitas/kualiatas diri yaitu dengan mengikuti diklat

B. Rumusan Masalah
1. Apa jenis-jenis dan jenjang pendidikan dan pelatihan (diklat) ?
2. Apa manfaat dari pendidikan dan pelatihan?
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.

Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel

 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amriani Hamzah Dara Daeng Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger