Judul : Studi Tentang
Pengelolaan Pembelajaran Kelas Akselerasi
Pada Sekolah Menengah Atas
Negeri 17 Makassar
Pengelolaan Pembelajaran Kelas Akselerasi
Dalam hal pengelolaan
pembelajaran program akselerasi, paling tidak ada tigal hal yang harus
dilakukan oleh setiap sekolah, yaitu perencanaan pembelajaran akselerasi,
pelaksanaan pembelajaran akselerasi, dan evaluasi pembelajaran akselerasi. Upaya
peningkatan mutu pendidikan dipengaruhi oleh pendayagunaan unsur- unsur peserta didik, kurikulum, guru, dan fasilitas dengan tujuan membantu siswa atau peserta didik agar dapat belajar dengan mudah sehingga
tujuan pembelajaran tercapai.
Unsur-unsur tersebut meliputi :
Adapun Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan
dan Penyelenggaraan Pendidikan Pasal 135 Ayat 3 Program akselerasi
dimasukkan dalam program nasional, apakah
sudah diselenggarakan tes dan apakah sudah memenuhi persyaratan :
a)
Tes potensi
kecerdasan dan/atau bakat istimewa
b)
Memiliki prestasi akademik tinggi dan/atau bakat
istimewa di bidang seni dan/atau olahraga; dan
c)
Program percepatan menerapkan sistem kredit semester
sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Peserta Didik
Perekrutan Peserta Didik
Adapun sistem seleksi siswa
akselerasi, apakah siswa yang berada pada kelas akselerasi sudah memenuhi
standart.
(a) prestasi belajar dengan indikator : angka raport, NEM (Nilai Ebtanas Murni), dan/atau hasil
tes prestasi akademik berada 2
standar deviasi (SD) di atas Mean populasi siswa; (b)
skor psikotes yang meliputi Intelegensi Quotient minimal 125, dan (c) sehat jasmani dan rohani (Widyastomo, 1996).
Keterangan :
Bagaimana mengenai prestasi belajar
Proses PSB
Pengembangan diri
Nilai Rapor, Nilai UN, skor psikotes,
Sehat jasmani dan rohani
Adapun teknik
yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan berlebih peserta didik. Apakah
ada teknik tes seperti berikut :
a) Tes IQ (Intelligence
Quotient), b) Tes Inventori, c) Wawancara, dan d) Pengamatan (observasi).
(Iif dan Hendro, 2011)
Adapun ciri-ciri karakteristik
peserta didik anak yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa. Apakah
anak yang berada pada kelas akselerasi tersebut memiliki ciri-ciri :
(a) membaca
pada usia kecil muda, (b) membaca
lebih cepat dan banyak, (c)
memiliki perbendaharaan kata yang lebih luas, (d) mempunyai rasa ingintahu
yang kuat, (e)
mempunyai minat yang
luas, juga terhadap
masalah orang dewasa, (f)
mempunyai inisiatif, dapat
bekerja sendiri, (g)
menunjukan keaslian
(orisinalitas) dalam ungkapan
verbal, (h) memberi
jawaban yang baik, (i) dapat
memberikan banyak gagasan, (j) luwes dalam berpikir, (k) terbuka terhadap
rangsangan-rangsangan dari
lingkungan, (l) mempunyai pengamatan yang tajam, (m) dapat
berkonsentrasi dalam jangka waktu yang panjang,
terutama terhadap tugas
atau bidang yang diminati,
(n) berpikir kritis, juga terhadap diri sendiri, (o) senang mencoba
hal-hal baru, (p) mempunyai daya abstraksi,
konseptualitas dan sintesis
yang tinggi, (q) senang
terhadap kegiatan intelektual
dan pemecahan-pemecahan masalah, (r) cepat menangkap hubungan sebab
akibat, (s) berperilaku terarah pada tujuan, (t) mempunyai daya imajinasi yang
kuat, (u) mempunyai banyak kegemaran
(hobi), (v) mempunyai daya ingat
yang kuat, (w) tidak cepat puas
dengan prestasinya, (x)
peka (sensitif) dan
menggunakan firasat (untuisi)
dan (y) menginginkan kebebasan dalam gerakan dan tindakan.
Ket :
Kretivitas dan Disiplin siswa?
Pengembangan Persaingan dan Kerjasama?
Pengembangan peserta didik?
Kurikulum
Adapun karakteristik kurikulum program
akselerasi pendidikan sebagaimana dituangkan dalam Pedoman Penyelenggaraan
Program Percepatan Belajar SD, SMP dan SMA (Depdiknas, 2003). Apakah Kurikulum
berdiferensiasi dikuasi oleh Guru serta mengetahui tentang dimensi kurikulum
khusus yang diterapkan dalam menyampaikan dan menguasai materi pembelajaran
akselerasi?
Ket : Apakah mengikuti kurikulum nasional
dan muatan local?
Pelajaran Muatan Lokal?
Berkenaan dengan hal pengembangan
kurikulum berdiferensiasi
untuk program percepatan belajar dapat dilakukan dengan
:
1) Modifikasi alokasi
waktu, 2) Modifikasi isi/ materi, 3)
Modifikasi proses pembelajaran, 4) Modifikasi sarana-prasarana, 5) Modifikasi lingkungan belajar,
dan 6) Memodifikasi pengelolaan kelas,
Keterangan :
Alokasi Waktu :
Penyusunan Jam Pelajaran :
Pengembangan Mata Pelajaran :
Bagaimana proses percepatan
belajar:
Tenaga Pendidik (Guru)
Adapun prinsip-prinsip dalam
pelaksanaan program kelas akselerasi. apakah siswa yang ada pada kelas akselerasi
tersebut sudah memenuhi prinsip tersebut?
1) Belajar melibatkan
seluruh pikiran dan
tubuh, 2) Belajar adalah
berkreasi bukan mengkonsumsi, 3) Pembelajaran
berlangsung 4) Belajar berasal
dari mengerjakan pekerjaan itu sendiri, dan 5) Emosi positif
(Iif dan Hendro, 2011)
Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran akselerasi, apakah guru
mengetahui mengenai konsep MASTER dan melaksanakan dalam proses pembelajaran.
1) Motivating Your Mind,
2) Acquiring The Information (memperoleh informasi),
3) Searching Out Meaning (menyelidiki makna), 4)
Triggering The Memory (memicu memori), 5) Exhibizing What You Know (memamerkan apa yang anda ketahui), dan 6) Reflecting How You’ve
Learned (merefleksikan bagaimana
anda belajar). Collin Rose
Adapun pendekatan yang digunakan dalam
akselerasi selain MASTER
yaitu pendekatan SAVI,
apakah Guru mengetahui unsur-unsur dalam pendekatan SAVI.
a) Somatis, b) Auditori, c) Visual, dan d) Intelektual
Adapun peran guru di dalam
kelas (dalam situasi belajar mengajar) yang tiap peranan menuntut berbagai
kompetensi atau keterampilan mengajar, apakah guru mengetahui perannya dalam
kelas sebagai :
1) Guru sebagai pengajar, 2)
Guru sebagai pemimpin kelas, 3) Guru sebagai pembimbing, 4) Guru sebagai
pengatur lingkungan, 5) Guru sebagai partisipan, 6) Guru sebagai ekspeditur, 7)
Guru sebagai perencana, 8) Guru sebagai supervisor, 9) Guru sebagai motivator,
10) Guru sebagai penanya, 11) Guru sebagai pengajar, 12) Guru sebagai
evaluator, 13) Guru sebagai konselor. (Adams & Dicky Hamalik, 2006 : 48)
Adapun strategi belajar
akselerasi dilakukan oleh guru sebagai perencana serta banyak mengetahui segala
perkembangan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran akselerasi
a) Belajar informasi verbal,
b) Belajar kemahiran intelektual, c) Belajar kegiatan kognitif, d) Belajar
keterampilan motorik, dan e) Belajar sikap (Winkel, 2003 : 72)
Ket :
Penentuan tujuan mengajar
Pemilihan materi sesuai dengan
waktu
Alat dan sumber
Kretivitas dan Disiplin guru?
Pengembangan Persaingan dan Kerjasama?
Pengembangan Guru?
Sarana Prasarana (Fasilitas)
Adapun teknologi yang
digunakan yaitu :
1) Teknologi Cetak, 2) Teknologi
Audio-Visual, 3) Teknologi Berbasis Computer, dan 4) Teknologi Terpadu. (
Iif dan Hendro, 2011)
Ket :
Pengembangan IPTEK Dan IMTAQ Secara Terpadu?
Modifikasi sarana-prasarana
Modifikasi lingkungan belajar
Memodifikasi
pengelolaan kelas?
Suasana Belajar?
Evaluasi Pembelajaran
Akselerasi
Adapun prinsip belajar tuntas adapun
sistem evaluasi yang ada di kelas percepatan, apakah diadakan evaluasi kepada
siswa?
Ulangan Harian, b) Ulangan
Umum, dan c) Ujian Nasional
Temuan
Dari mana dana kelas
akselerasi dan hubungan kerjasamanya?
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.
Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel