Home » » KETERAMPILAN DALAM PEMIMPIN

KETERAMPILAN DALAM PEMIMPIN

Written By Unknown on Rabu, 30 Januari 2013 | 03.39



A. KETERAMPILAN DALAM PEMIMPIN
Pemimpin harus menguasai cara-cara kepemimpinan, memiliki keterampilan memimpin supaya dapat bertindak sebagai seorang pemimpin yang baik. Untuk hal itu anjtara lain dia harus menguasai bagaimana caranya : menyusun rencana bersama, mengajak anggota berprestasi, memberi bantuan kepada anggota kelompok, memupuk moral kelompok, bersama-sama membuat keputusan, menghindarkan “working on the group and working for the group” dan mengembangkan “working within the group”, membagi dan menyerahkan tanggung jawab, dan sebagainya. Untuk memperoleh keterampilan di atas perlu pengalaman, dan karena itu pemimpin harus benar-benar banyak bergaul, bekerjasama, dan berkomunikasi dengan orang yang dipimpinya. Yang penting jangan hanya tahu, tetapi harus dapat melaksanakannya.
Keterampilan dalam kepemimpinan, meliputi bagaimana menyusun rencana secara bersama, mengajak anggota untuk berpartisipasi, memelihara moral kerja kelompok yang tinggi, mendelegasikan tanggungjawab dan mengikutsertakan anggotanya untuk membuat keputusan serta mendorong kreativitas anggotanya dan mendorong anggotanya untuk berani tampil ke depan.
Keterampilan presentasi Seorang pemimpin harus kreatif melakukan presentasi kepada pengikutnya. Presentasi ini harus meliputi visi, misi, goal, action plan, dan fokus. Dimana, dalam setiap presentasi pemimpin harus secara cerdas mampu mentransformasikan nilai-nilai yang kuat dan positif kepada rencana tindakan yang jelas. Pemimpin harus memanfaatkan keterampilan presentasi ini untuk mengkomunikasikan dan meyakinkan kepada para pengikut, bawahan, tim, ataukelompoknya tentang ide dan visi yang harus diperjuangkan bersama.
Keterampilan negoisasi seorang pemimpin adalah bagian dari komunikasi yang terfokus untuk mencari kesepakatan. Jadi, peran seorang pemimpin sebagai seorang negosiator ulung tidaklah bolehdiabaikan. Pemimpin harus bijak dan cerdas melihat semua tantangan yang ada, dan cerdas menggunakan keterampilan negosiasi tersebut untuk mentransformasikan semua tantangan menjadi peluang yang menguntungkan organisasi yang di pimpin.Pemimpin adalah seorang negosiator untuk mendapatkan kesepakatan terbaik, bukan seorang negosiator yang ngotot dan tak mau kompromi terhadap tantangan.
Keterampilan memotivasi seorang pemimpin adalah seorang motivator yang harus mampu membangkitkan energi positif dari pengikut dan bawahannya, untuk secara proaktif bergairah dan bersemangat tinggi dalam meraih prestasi yang hebat. Oleh karena itu, pemimpin wajib memiliki keterampilan untuk memotivasi pengikutnya, dan menggerakan para pengikut untuk melakukan hal-hal terpenting buat kesuksesan organisasi. Motivasi bukan berarti sekedar berteriak-teriak dengan semangat tinggi, tapi lebih kepada cara untuk merangkul hati dan pikiran positif para pengikut. Lalu, membangun harapandan rasa percaya diri mereka untuk menjadi lebih hebat.
Keterampilan mengorganisasi seorang pemimpin adalah seorang organisator yang ulung. Kemampuan pemimpindalam mengorganisasi semua kekuatan yang ada akan menjadikan kepemimpinan itukuat dan solid. Melalui kebersamaan dalam organisasi yang solid dan kuat, pemimpin pasti membawa setiap orang menuju puncak harapan

B. KETERAMPILAN DALAM HUBUNGAN INSANI
Hubungan insani adalah hubungan antar manusia. Ada dua macam hubungan yang biasa kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari : (1)  Hubungan fungsional atau hubungan formal, yaitu hubungan karena tugas resmi atau pekerjaan resmi ; (2) Hubungan pribadi atau hubungan informal atau hubungan personil, ialah hubungan yang tidak didasarkan atas tugas resmi atau pekerjaan, tetapi lebih bersifat kekeluargaan.
Yang menjadi inti dalam hubungan ini, apakah itu hubungan fungsional atau personal, adalah saling menghargai. Bawahan menghargai atasan dan sebaliknya atasan pun harus menghargai bawahan.
Keterampilan dalam hubungan insani, meliputi rasa saling menghargai, menghormati antar personil. Pemimpin mampu dan sanggup bersedia memaafkan atau meminta maaf jika terdapat kesalahan dan kekeliruan, tidak menganggap dirinya selalu benar dan harus diikuti, tidak memaksakan kehendaknya sendiri, yang paling utama bagaimana mengubah anggotanya agar bersikap dan bertingkah laku menjadi demokratis. Hubungan Insani ini tidak dapat dipaksakan namun dapat timbul secara wajar.
Keterampilan bersikap baik  seorang pemimpin tidak zamannya lagi memanfaatkan kekuasaan dan posisi kepemimpinannya untuk bersikap arogan dan bersikap diktator terhadap pengikut. Sekarang ini zamannya pemimpin harus merangkul semua kekuatan dan potensi sukses pengikutnya untuk dijadikan sebagai kekuatan kepemimpinan yang ia miliki. Oleh karena itu, pemimpin wajib bersikap baik dengan sikap tulus dan jujur kepada setiap orang, di mana pun dan kapan pun

C. KETERAMPILAN DALAM PROSES KELOMPOK

Maksud utama dari proses kelompok ialah bagaimana meningkatkan partisipasi anggota kelompok setinggi-tingginya sehingga potensi yang dimiliki anggota kelompok itu dapat diefektifkan secara maksimal. Inti dari proses kelompok ialah hubungan insani dan tanggung jawab bersama. Pemimpin harus menjadi penengah, pendamai moderator dan bukan menjadi hakim.
Keterampilan dalam proses kelompok, dalam hal ini pemimpin harus dapat mengenal bawahan dengan segala kelemahan dan kelebihannya, menciptakan dan memelihara sikap saling percaya menpercayai, tolong menolong diantara pimpinan dan anggota, mempergunakan cara-cara bijaksana untuk menghilangkan pertentangan yang ada dalam kelompok, menguasai cara-cara memimpin diskusi, rapat, musyawarah dan sebagainya.
Keterampilan membangun tim yang kuat pemimpin yang sesungguhnya adalah seorang pekerja tim. Jadi, keterampilanmembangun tim adalah keterampilan yang sangat strategis untuk mensukseskan kepemimpinan yang sedang diperjuangkan tersebut. Pemimpin harus bersikap bijak dan profesional dalam merakit sebuah tim yang tangguh dan dinamis. Pemimpin harus menciptakan sebuah tim yang kreatif dan strategis untuk membangun kinerja organisasi yang hebat. Pemimpin harus membangun tim yang mampu meningkatkan

KETERAMPILAN DALAM ADMINISTRASI PERSONIL
Administrasi personil mencakup segala usaha untuk menggunakan keahlian dan kesanggupan yang dimiliki oleh petugas-petugas secara efektif dan efisien. Kegiatan dalam administrasi personil ialah : seleksi, pengangkatan, penempatan, penugasan, orientasi, pengawasan, bi,bingan dan pengembangan serta kesejahteraan. Menemukan yang paling penting dari kegiatan di atas ialah kegiatan seleksi dalam memilih orang yang paling sesuai dengan tugas dan pekerjaannya yang berpedoman pada “The right man in the rigth place”.
Keterampilan dalam administrasi personil, keterampilan yang terutama mengenai cara memilih personil yang memenuhi syarat untuk ditempatkan dalam semua fungsi. Sehingga pemimpin harus tahu tentang: tujuan yang hendak dicapai, macam dan jenis pekerjaan yang dipimpinnya dan cara mengerjakannya, cara dan teknik untuk mencarai dan menemukan sifat-sifat yang diperlukan pada orang-orang yang akan dipekerjakan, cara-cara meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keahlian pegawainya serta cara-cara memelihara suasana kerja yang sesuai dengan kebutuhan pegawai dan pekerjaanya.

KETERAMPILAN DALAM MENILAI
Penilaian atau evaluasi ialah suatu usaha untuk mengetahui sampai di mana suatu kegiatan sudah dapat dilaksanakan atau sampai di mana suatu tujuan sudah dicapai. Yang dinilai biasanya ialah : hasil kerja, cara kerja dan orang yang mengerjakannya.
Keterampilan dalam penilaian, maksudnya untuk menilai orang lain seorang pemimpin harus dapat menilai diri sendiri. Keterampilan menilai ini meliputi : menentukan tujuan penilaian, menentukan kriteria yang dipergunakan untuk menilai, mengumpulkan yang dapat diolah dengan menggunakan kriteria tersebut serta menyampaikan hasil penilaian dengan transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.

Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel

 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amriani Hamzah Dara Daeng Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger