Home » » Suster Emmy Saelan "Berjuang melawan bangsa asing."

Suster Emmy Saelan "Berjuang melawan bangsa asing."

Written By Unknown on Senin, 02 Maret 2015 | 15.53

Suster Emmy Saelan
"Berjuang melawan bangsa asing."
.... Diantara nama para saudara Emmy Saelan, yang turut dikenal namanya adalah Maulwi Saelan (Adik), cukup dikenal karena pernah menjadi pengawal pribadi Presiden Republik Indonesia Soekarno dan mantan kiper sepak bola SPSI. Elly Saelan (Adik), yang kemudian cukup dikenal pula dengan nama Puang Elly Yusuf, merupakan istri tercinta dari Bapak Jenderal. M. Yusuf (Almarhum), mantan Menhankam Pangab Republik Indonesia. Emmy Saelan dan adiknya, turut berjuang melawan bangsa asing.
Dilaskar Harimau Indonesia. Emmy Saelan, diamanahkan untuk memimpin Laskar Pejuang Perempuan, sekaligus ditugaskan sebagai Pemimpin Palang Merah oleh Robert Wolter Mongisidi sebagai Pimpinan gerakan perjuangan.
Sosok Emmy Saelan, sangat dihormati oleh para saudara seperjuangannya karena tegas dan disiplin. Namun kedekatan para saudara seperjuangannya kepada Emmy Saelan, maka disapanya dengan nama: Daeng Kebo'. Karena kulitnya yang putih gading dan bertutur katanya pun sangatlah sopan. Sapaan ini pula disematkan sebagai sandi untuk disandang sosok Emmy Saelan, kala itu. Dan memiliki arti yang sungguh baik, yaitu Daeng artinya Kakak. Kebo' artinya Putih.
Emmy Saelan alias Daeng kebo', mulai menuntun para pejuang laskar perempuan untuk bersepakat membuat sandi gerakan agar mempermudah perjuangan dan bertujuan saling kenal - mengenal dilaskar Harimau Indonesia. Misal bila ia memegang rambut lalu orang yang dijumpai juga memegang rambutnya maka orang itu adalah sesama saudara seperjuangan.
Dikisahkan pula oleh Mantan Komandan Pasukan Perempuan Makassar, yang bernama Sri Mulyani, bahwa Emmy Saelan alias Daeng Kebo', seorang perempuan yang pertamakali mempergunakan sandi gerakan dilaskar Harimau Indonesia untuk melawan Belanda.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.

Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel

 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amriani Hamzah Dara Daeng Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger