INOVASI KURIKULUM
1. Baca dan berikan penjelasan mengenai
perbedaan latar belakang masalah munculnya ke – 3 jenis inovasi kurikulum !
a. Inovasi
kurikulum berbasis kompetensi dilatarbelakangi oleh tantangan untuk menjawab
masalah-masalah kursial dalam pendidikan yang semakin hari semakin menumpuk dan
di perlukan pengembangan dalam memberikan keahlian dan ketrampilan sesuai
dengan standar kompetensi yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing daya
jual untuk menciptakan kehidupan yang berhakat dan bermartabat ditengah-tengah
persaingan dan kerumitan kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya.
Kelahirannya ini didorong oleh perubahan dan tuntutan kebutruhan masyarakat
dalam dimensi globalisasi yang ditandai kemajuan ilmu pengetahuan dan tehniligi
bigitu cepat sehingga kehidupan penuh dengan persaingan dalam segi apapun tidak
dapat dihindari dan harus siap untuk kemajuan suatu bangsa.
b. Inovasi
kurikulum berbasis masyarakat dilatarbelakangi adanya kelompok masyarakat yang
berkembang sangat cepat tetapi ada pula yang lambat, hal ini karena pengaruh
dari perkembangn tehnologi komunikasi dan telekomunikasi sehingga terjadi
perubahan – perubahan dalam semua aspek dalam masyarakat,efeknya akan berimbas
pada setiap individu warga masyarakat, pengetahuan, kecakapan, sikap, kebiasaan
bahkan pola-pola kehidupan.
c. Inovasi
kurikulum berbasis keterpaduan dilatarbelakangi adanya kecendrungan selama ini
guru mengemas pengalaman belajar siswa terkotak-kotak dengan tegas antara satu
bidang studi dengan bidang studi yang lain, pembelajaran yang memisahkan
penyajian mata-mata pelajaran secara tegas hanya akan membuat kesulitan belajar
bagi siswa karena pemisahan seperti itu memberika pengalaman belajar yang
bersifat artifial.
2. Sebutkan pengertian
masing-masing inovasi kurikulum !
a. Inovasi
kurikulum berbasis kompetensi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan
tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa, penilaian,
kegiatan belajar mengajar dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dan
mengembangkan sekolah.
b. Inovasi
kurikulum berbasis masyarakat merupakan kurikulum yang menekankan perpaduan
antara sekolah dan masyarakat guna mencapai tujuan pendidikan.
c. Inovasi
kurikulum berbasis keterpaduan disebut integrated curriculum merupakan bentuk
kurikulum yang meniadakan batas-batas antara berbagai mata pelajaran dan
menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk unik. Pendekatan keterpaduan merupakan
suatu system totalitas yang terdiri dari komponen-komponen yang saling
berhubungan dan berinteraksi baik antar komponen dengan komponen manapun antar
komponen-komponen dengan keseluruhan dalam rangka mencapai tujuan yang
ditentukan sebelumnya.
3. Sebutkan
karakteristik dean prinsip dasar masing-masing inovasi kurikulum !
a.
Karateristik Inovasi kurikulum berbasis kompetensi
·
Menekankan pada ketercapaian kompetensi baik secara individual maupun
klasikal, artinya isi KBK intinya sejumlah kompetensi yang harus dicapai siswa
dan kompetensi inilah sebagai standar minimal atau kemampuan dasar.
·
Beroentasi pada hasil belajar dan keberagaman, artinya keberhasilan
pencapaian kompetensin dasar diukur oleh indicator hasil belajar. Indicator
inilah yang dijadikan acuan kompetensi yang diharapkan. Proses pencapaian tentu
saja bergantung padaq kemampuan dan nkecepatan yang berbeda setiap siswa.
·
Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan danmmetode
bervariasi sesuai dengan keberagaman siswa.
· Sumber
belajar bukan hanya guru tetapi sumber belajar lain yang memenuhi unsure
edukatif, artinya sesuai dengan perkembangaan ilmu pengetahuan dan tehnologi
informasi. Guru berperan sesbagai fasilitator untuk mempermudah siswa belajar
dari berbagai macam sumber belajar.
· Penilaian
menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian
suatu kompetensi. KBK menem[patkan hasil dan proses belajar sebagai dua sisi
yang sama pentingnya.
b.
Karateristik Inovasi kurikulum berbasis masyarakat
· Pembelajaran
berorentasi pada masyarakat , dimasyarakat dengan kegiatan belajar bersumber
pada buku text
· Disiplin
kelas berdasarkan tanggungjawab bersama bukan berdasarkan paksaan atau
kebebasan
· Metode
pengajar terutama dititikberatkan pada pemecahan masalah untuk memenuhi
kebutuhan perorangan dan kebutuhan sosial atau kelompok
· Bentuk
hubungan atau kerjasama sekolah dan masyarakat adalah mempelajari sumber-sumber
masyarakat , menggunakan sumber-sumber tersebut, dan memperbaiki masyarakat
tersebut
· Strategi
pembelajaran meliputi karya wisata, manusia (nara sumber).survai masyerakat,
berkemah, kerja lapangan, pengabdian masyarakat, kuliah kerja nyata, proyek
perbaikan masyarakatdan sekolah pusat masyarakat.
c.
Karateristik Inovasi kurikulum berbasis keterpaduan
· Ciri-ciri
organirasi kurikulum terpadu
· Model
pembelajaran integrated
·
Pembelajaran unit dimana peran guru dan siswa
1) Prinsip
dasar Inovasi kurikulum berbasis kompetensi adalah menitik beratkan pada
kemampuan di bidang pengetahuan, ketrampilan sikap yang diwujudkan dalam bentuk
tindakan baik kompetensi akademis, okupasional. Cultural maupun temporal.
2) Prinsip
dasar Inovasi kurikulum berbasis masyarakat adalah guru sebagai fasilitator dan
siswa untuk aktif, kreatif untuk memecahkan masalah.
3) Prinsip
dasar Inovasi kurikulum berbasis keterpaduan adalah meyatukan beberapa mata
pelajaran yang materinya saling baikan.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.
Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel