Home »
» program diklat
program diklat
Written By Unknown on Rabu, 20 Maret 2013 | 19.59
MERENCANAKAN PROGRAM DIKLAT
A. Pengertian Program Diklat
Program diklat yang diselenggarakan harus sesuai dengan standar kompetensi untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja (customer). Oleh karena itu untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan menitikberatkan pada unsure kepuasan kepada masyarakat umum maupun industri maka setiap peyelenggaraan program diklat perlu melakukan analisis kebutuhan diklat yang dibutuhkan pelanggan. Mengingat bahwa program diklat pada dasarnya diselenggarakan sebagai sarana untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi gap (kesenjangan) antara kompetensi yang ada saat ini dengan kompetensi standard atau yang diharapkan untuk dilakukan oleh seseorang, maka dalam hal ini analisis kebutuhan diklat merupakan alat untuk mengidentifikasi gap-gap yang ada tersebut dan melakukan analisis apakah gap-gap tersebut dapat dikurangi atau dihilangkan melalui suatu program diklat. Selain itu dengan analisis kebutuhan diklat maka lembaga penyelenggara diklat (HRD atau Divisi Training) dapat memperkirakan manfaat-manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari suatu pelatihan, baik bagi partisipan sebagai individu (masyarakat umum) maupun bagi perusahaan/industri.
b. Program Kegiatan
1. Tahap Persiapan mencakup kegiatan Sbb:
a. Menyusun desain
b. Pembahasan desain diklat (materi,waktu pelaksanaan, jadwal,alur, kegiatan dan hal-hal lain yang terkait dengan penyelengaraan diklat)
c. Rapat koordinasi dengan istansi terkait
d. Penyusunan surat keputusan direktur PTK-PNF tentang kepanitiaan, pakar/narasumber dan fasilitator
e. Penyusunan surat-surat (surat pemanggilan peserta, ijin tempat diklta, permohonan fasilatotor, undangan pembukaan dan penutupan dll)
f. Penyusunan instrument evaluasi peserta, fasilitator dan penyelengaraan
g. Pengandaan bahan belajar diklat
h. Pengadaan ATK
i. Penyiapan dokumentasi
j. Rapat persiapan akhir
2. Tahap Pelaksanaan
Rangkaian kegiatan selama diklat berlangsung sebagai berikut:
a. Penerimaan peserta
b. Pembukaan
c. Penjelasan teknis
d. Pre test
e. Penyampaian materi
f. Praktek mengajar
g. Post test
h. Pengolahan data evaluasi fasilitator dan penyelengaraan
i. Penutupan
j. Penyelesaian administrasi
k. Penyusunan laporan
3. Tindak Lanjut
Pelaksanaan evalusai terhadap peserta diklat dilaksanakan setelah 3 (tiga) bulan setelah diklat selesai dilakukan, yang dipersiapan antara lain;
a. Persiapan penyusuan instrument evaluasi bagi peserta diklat untuk mengetahui sejauh mana penyerapan peserta setelah diklat dengan kenyataan dilapangan setelah mengikuti diklat.
b. Instrumen untuk pimpinan peserta diklat, dan instrument untuk teman sekerja untuk mengetahui bagaimana pengmalan ilmu yang diterapkan peserta diklat dengan rekan sekerjanya
c. Pengumpulan data dan pengolahan data hasil evalusai tahap tindak lanjut diklat
d. Analisis hasil diklat
C. Pelaksanaan
1. PERSONIL PELATIHAN
NARASUMBER
PENASEHAT
KETUA PANITIA
WAKIL KETUA
SEKRETARIS
WAKIL SEKRETARIS
BENDAHARA
PEMBANTU UMUM
SEKSI PERLENGKAPAN
SEKSI KONSUMSI
SEKSI PENDAFTARAN
PEMBICARA
Moderator :
2. PESERTA
a. Peserta Pelatihan
b. Kontribusi
c. Perlengkapan Peserta
1. Note Blok
2. Ballpoint
3. Makalah
4. Sertifikat
5. Susunan Acara
6. Laptop
3. KERJASAMA
Pelatihan ini bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional
4. RENCANA ANGGARAN SUMBER DANA KEGIATAN
Sumber Dana
a. Kontribusi Peserta
b. Anggaran Dinas Pendidikan
c. Anggaran Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan
d. Donator
e. Bantuan lain yang tidak mengikat
Perincian
Bantuan dana
Rekapitulasi Biaya
Kegiatan Persiapan
Pelaksanaan Program dan Kegiatan
Pemantauan dan Laporan Kegiatan
Jumlah
D. Struktur Dan Muatan Kurikulum
1. Struktur Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan
a. Materi
b. Metode
Metode yang digunakan dalam bentuk
1. Ceramah
2. Diskusi dan Tanya jawab
3. Pengamatan
4. Penugasan
5. Kunjungan lapangan
c. Strategi Diklat
d. Sarana dan Prsarana / Media
Sarana prasarana dan media yang digunakan adalah:
1. LCD Projector/laptop
2. White Board/Spidol
3. ATK
4. Modul/diklat, hand out
5. Bahan-bahan pembelajaran
6. Lab. Komputer
2. Muatan Kurikulum
a. Beban Belajar
b. Ketuntasan Belajar
c. Kelulusan
E. KALENDER PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
1. PERMULAAN PELATIHAN
2. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Hari :
Tanggal :
Waktu :
Tempat :
3. KEGIATAN EVALUASI
a. Prosedur Evaluasi
b. Teknik Evaluasi
c. Instrumen Evaluasi
4. JADWAL KEGIATAN
Related Articles
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.
Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel