Deskripsi Pekerjaan (Job Description) untuk IT Manager (contoh)
1. TUJUAN / PURPOSE
a. Untuk mengelola pekerjaan
Teknologi Informasi (TI) dalam operasional sehari-hari dalam lingkungan
perusahaan
b. Memberikan solusi dan
konsultansi teknologi untuk mencapai tujuan dan strategi bisnis perusahaan
2. DIMENSI / DIMENSION
a.
Bertanggung jawab langsung pada Direktur …..
b.
Bekerja sama dengan pimpinan bisnis unit lain dalam memberikan konsultansi,
rekomendasi tentang rencana kerja yang akan datang dan pengembangan sumber daya
teknologi seperti hardware, infrastruktur, telekomunikasi, dan lainnya.
c.
Jumlah staff = ………. Orang
d.
Dimensi area = ………..(sebutkan berapa jumlah kantor cabang yang di support)
3. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB / DUTIES AND RESPONSIBILITIES
a.
Mengelola Teknologi Informasi dan sistem komputer
i.
Bertanggung jawab pada kesiapan dan ketersediaan sistem komputer / aplikasi
dalam lingkungan perusahaan
ii.
Membuat dan/atau implementasi semua sistem dan aplikasi
iii.
Merancang, mengelola dan mengawasi serta meng-evaluasi operasional dari sistem
informasi (software dan aplikasi) dan pendukungnya (hardware, infrastruktur,
telekomunikasi)
iv.
Membuat dan mengimplementasikan kebijakan dan prosedur TI (IT policy) termasuk
kebijakan keamanan TI (IT security policy)
v.
Berkerja sama dengan TI vendor untuk merancang , membuat dan
meng-implementasikan sistem atau aplikasi jika diperlukan
vi.
Membuat dan mengawasi anggaran TI (budget) dan expenditures
b.
Memberikan solusi Teknologi Informasi
i.
Bertanggung jawab pada penyediaan layanan infrastruktur termasuk aplikasi,
jaringan komputer (LAN / WAN), keamanan Teknologi Informasi dan telekomunikasi
ii.
Memberikan rekomendasi tentang solusi sistem informasi dan pendukungnya
iii.
Memberikan orientasi kepada pegawai baru mengenai aplikasi atau sistem yang
digunakan saat ini dan rencana atau strategi TI secara umum
iv.
Merancang dan membuat TI DRP (Disaster Recovery Plan)
v.
Memberikan arahan pada bawahan mengenai penggunaan dan solusi teknologi
c.
Pengawasan dan perawatan Teknologi Informasi
i.
Bekerja sama dengan senior manajemen untuk membuat, merancang pelayanan TI
dalam dokumen Service Level Agreements
ii.
Memberikan laporan bulanan kepada Direktur Keuangan mengenai semua aspek dari
departemen TI (Teknologi Informasi)
4. FAKTOR KEBERHASILAN / KEY SUCCESS FACTOR
Seorang IT manager dianggap
berhasil dalam pelaksaan tugasnya, dengan memiliki keahlian dan pengetahuan
sebagai berikut;
a.
Pengetahuan
i. Berpengalaman dalam perancangan dan pengembangan
infrastruktur TI
ii. Memiliki pengetahuan dalam mengelola departemen TI
(managing the IT Department)
iii.
Memiliki pengetahuan tentang Project Management Process
b.
Keahlian
i. Mempunyai keahlian kepemimpinan yang kuat (management
dan supervisory skill)
ii.
Mengetahui secara umum instalasi dan administrasi hardware, software dan
jaringan
iii.
Mempunyai kemampuan berkerja secara tim (team work)
iv.
Mempunyai kemampuan analisa dan penyelesaian masalah
v.
Mempunyai kemampuan dalam pembuatan keputusan (decision making)
vi.
Kemampuan berkomunikasi secara verbal maupun tulisan
c.
Personal
i. Kemampuan dalam melaksanakan tugas dalam tekanan kerja
yang tinggi
ii. Jujur dan dapat dipercaya
iii. Felsibel terhadap kondisi dan lingkungan kerja
iv. Memiliki kepedulian dan sensitif terhadap kebutuhan
bisnis
5. HUBUNGAN KERJA / WORKING RELATIONSHIP
a.
Internal
i.
Bekerja sama dengan pimpinan binis unit lain dalam perancangan, rekomendasi dan
konsultasi terhadap solusi teknologi
ii.
Bekerja sama dengan senior manajemen dalam perancangan strategi TI untuk
mendukung keberhasilan tujuan perusahaan
iii.
Bekerja sama dengan HR dalam pengembangan karir staff serta pemilihan staff TI
baru
iv.
Bekerja sama dengan tim Legal dan HR dalam pembuatan kebijakan TI
v.
Bekerja sama dnegan procurement dalam pengadaan inventory TI
b.
Eksternal
i.
Bekerja sama dengan vendor dalam pembuatan aplikasi (jika diperlukan)
ii.
Bekerja sama dengan konsultan dalam pengembangan, solusi serta peningkatan
kinerja departmen TI (Teknologi Informasi)
iii.
Bekerja sama dengan Internet provider dalam pengelolaan internet dan
telekomunikasi
6. INFORMASI LAIN / ADDITIONAL INFORMATION
a.
Kompetensi teknikal / Technical Competencies – 30 %
b.
Kompetensi manajerial / Management Competencies – 70%
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.
Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel