Proposal Diklat
Written By Unknown on Rabu, 30 Januari 2013 | 15.14
Untuk mengadakan suatu diklat (Pendidikan dan Pelatihan) dibutuhkan proposal yang baik, sehingga bisa menarik pemberi dana maupun calon peserta. Pada sesi ini akan saya bahas mengenai cara membuat proposal diklat.
Berikut adalah komponen-komponen yang harus ada dalam sebuah proposal diklat:
Judul
Berikan judul yang jelas, resmi dan singkat.
Contoh:
PROPOSAL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMILIH PEMULA PARTAI PKS KOTA YOGYAKARTA
Pendahuluan / Latar Belakang
Berikan latar belakang mengapa perlu diadakan pendidikan dan pelatihan yang bersangkutan. Alasan yang kuat akan mendorong pemberi dana dan calon peserta sadar akan pentingnya diklat Anda.
Maksud dan Tujuan:
Berikan secara singkat, dalam poin poin apa tujuan diadakannya pelatihan diklat Anda.
Contoh:
MAKSUD DAN TUJUAN
MAKSUD dan Tujuan diadakannya Pendidikan dan Pelatihan Pemilih Pemula antara lain:
a. Memberikan Pendidikan Politik kepada masyarakat, terutama Pemilih Pemula,
b. Memberikan paradigm yang tepat tentang Politik kepada masyarakat, c. Melatih cara dan strategi berorganisasi kepada masyarakat, dan
d. Memberikan Pemahaman yang utuh tentang politik kepada masyarakat.
Waktu Pelaksanaan
Berikan waktu pelaksaan acara diklat, singkat, dalam satu baris saja.
Tempat pelaksanaan
Cantumkan alamat dan tempat secara jelas pelaksanaan diklat.
Mekanisme Kegiatan
Jenis apa saja yang ada dalam kegiatan diklat nanti. Apakah ada kegiatan diluar ruangan, dan sebagainya.
Anggaran Biaya
Cantumkan secara garis besar, berapa biaya yang dibutuhkan untuk acara tersebut. Untuk anggaran biaya secara detail, berikan pada bagian lampiran.
Sumber Dana
Darimana sajakah sumber dana untuk acara diklat ini? Berikan poin per poin secara ringkas
Penutup
Penutup berisi ucapan terimakasih untuk pembaca proposal.
Cara mudah menyusun proposal
Proposal dan presentasi dapat membuat kesepakatan berhasil atau gagal. Proposal dan presentasi yang bagus akan mewujudkan strategi penjualan sukses yang menunjukkan suatu pemahaman akan kebutuhan klien dan suatu kemampuan untuk melampaui harapan ketika kesempatan diberikan.
Proposal yang gagal memenangkan kesempatan sering kali kekurangan tema yang konsisten tidak menunjukan perbedaan yang jelas vendor dan pesaing lainnya. Proposal tidak persuasif dalam menyampaikan kualitas yang meyakinkan klien tentang keunggulan vendor. Proposal atau persentasi yang ditulis secara buruk membuat anda terlihat tidak rapi, tidak menarik, dan tidak berkualifikasi maka klien berasumsi Anda akan melakukan hal yang sama, jika ditulis dengan baik maka akan membuat Anda memperteguh kepercayaan kepada klien dalam kerja sama yang sukses.
Proposal dan presentasi Anda menggambarkan Anda sama seperti pesaing Anda atau mengangkat status Anda di atas yang lainnya. Ketika klien dihadapkan dengan keputusan antara “cukup baik” dan “luar biasa”, mana yang Anda pikir akan ia pilih? Pahami pendengar dan bicara langsung untuk memudahkan kerjasama, Tentukan tema proposal. Uraikan pesan tersembunyi milik klien dan cari cara untuk menenjukan kelebihan Anda. Ambilah kesempatan untuk menyorot pengalaman dan kualifikasi Anda dalam konteks akan menguntungkan klien. Bersikaplah meyakinkan,tetapi tetaplah pada point yang jelas, ringkas, dan terorganisir. Absahkan komitmen Anda terhadap kualitas dengan memberikan klien kemudahan. Ikutilah petunjuk seolah kesepakatan bergantung padanya. Maka proposal dan persentasi Anda akan memainkan peran besar dalam stategis penjualan yang sukses untuk menulis proposal dan persentasi yang bermutu.
A. Tujuan dan Manfaat Pelatihan
1. Mengerti cara membuat proposal dan persentasi yang bemutu
2. Menciptakan stategi yang efektif dalam memenangkan persetujuan di tempat klien.
3. Membangun hubungan serta memudahkan kerjasama antar perusahaan
4. Meningkatkan kemampuan dan kinerja Anda secara dramatis
5. Mampu membangun mindset of success dalam bekerja.
B. Materi
I. Kembangkan Strategi Unggul
1. Dapatkan persetujuan sejak awal
2. Libatkan para ahli
3. Rincilah kualifikasi Anda
4. Tegaskan pernyataan yang berani
5. Gunakan pengesahan untuk mensukseskan kasus Anda
II. Tulislah secara jelas, ringkas, dan terorganisir
1. Aturlah materi apa adanya
2. Gunakan banyak judul dan subjudul
3. Sampaikan semua subpertanyaan secara individual
4. Jawablah setiap kali pertanyaan itu muncul
5. Buatlah diri Anda terdengar seperti seorang teman yang memiliki banyak informasi
C. Durasi
Lama Pelatihan adalah 8 jam/ 1 hari
D. Waktu dan Lokasi
Tanggal 15 Juli 2009 di Hotel / Office Building
E. Investasi
· Rp. 1.100.000/peserta (sudah termasuk modul dan sertifikat)
· Bonus Flashdisk 2GB berisi materi training
F. Metode Pelatihan
Pemaparan materi menggunakan modul yang disesuaikan dengan output/ tujuan pelatihan ini.
Penyampaian materi diberikan dengan metode pengalaman, sehingga dapat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja di perusahaan Anda.
Pemaparan materi menggunakan media Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta.
Penyampaian materi selalu dibawakan dengan pendekatan Spiritual dan Emotional.
Penyampaian materi untuk menciptakan persepsi baru yang dapat merubah mindset dan pemahaman peserta pelatihan.
GAME, PERSONAL ASSESSMENT and PRESENTATION
G. Peserta
Mereka yang secara sadar ingin menjadi atau meningkatkan profesionalisme dalam bekerja, seperti Sekretaris, administrator, office manager, Supervisor SDM , manajer SDM, kabag atau pimpinan tim/ unit kerja.
H. Fasilitator
Fhierly Husein, S.Psi
Sarjana Psikologi lulusan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (lulus 2002) telah mendedikasikan pengetahuan dan keterampilannya melalui kehidupan profesional sebagai seorang trainer sejak duduk di bangku kuliah. Aktif sebagai trainer di beberapa provider training dijalaninya sebelum bergabung dan mengelola fungsi training di salah satu perusahaan multinasional terkemuka – (Yamaha Musical Products Indonesia; 2002-2004). Tantangan untuk membangun system pengembangan SDM di salah satu perusahaan nasional terkemuka dijalaninya dengan menjadi seorang trainer dan praktisi SDM hingga saat ini (Trakindo Group; 2004-sekarang). Berbagai materi training yang pernah disampaikan selama lebih dari 6 tahun kariernya; beberapa diantaranya :
Identifikasi Kebutuhan Training, Bagaimana Menyusun Program Training yang Efektif, Evaluasi Training, HR for Non HR, Training for The Trainers, Effective Presentation Skill, Behavioral Event Interview, Coaching for Performance, Supervisory Training, HR for Non HR, HR for Beginner, Competency; Theory & Implementation, Communication Skill, Telephone Courtesy, Effective Recruitment & Selection Technique dsb.
Berbekal pengalaman dalam menyusun dan mengembangkan sistem dan prosedur HRD & PDODmembuat materi yang disampaikan tidak hanya sebagai tataran teoritis belaka, namun menjangkau implementasdan kendalanya.
I. Susunan Acara
08.00 – 08.30 Pendaftaran dan registrasi peserta
08.30 – 10.00 Materi/ Sesi I -
Kembangkan strategi unggul
1. Dapatkan persetujuan sejak awal
2. Libatkan para ahli
3. Rincilah kualifikasi Anda
4. Tegaskan pernyataan yang berani
5. Gunakan pengesahan untuk mensukseskan kasus Anda
10.00 – 10.15 Rehat
10.15 – 12.00 Materi/ Sesi II -
Tulislah secara jelas, ringkas, dan terorganisir
1. Aturlah materi apa adanya
2. Gunakan banyak judul dan subjudul
3. Sampaikan semua subpertanyaan secara individual
4. Jawablah setiap kali pertanyaan itu muncul
5. Buatlah diri Anda terdengar seperti seorang teman yang memiliki banyak informasi
12.00 – 13.00 Rehat – makan siang
13.00 – 15.00 Personal assesment dan presentasi kelompok
15.00 – 15.15 Rehat
15.15 – 16.00 Evaluasi presentasi kelompok.
16.00 Penutupan acara.
Related Articles
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
1 komentar:
Silahkan tinggalkan komentar di atas caranya
1. Masukkan Komentar anda di kolom komentar
2. Pada Kotak "Beri Komentar sebagai" pilih akun yang ada pada pilihan.
3. klik publikasikan.
5. isi code capta
6. tekan enter atau publikasikan.
Anda di perbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO
2. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
3. Tidak Boleh SPAM
4. Jangan meninggalkan Link aktif pada komentar. Komentar dengan Link Aktif akan dihapus.
5. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel
kira-kira berapa hari yang efektif untuk melaksanakan diklat tersebut, ataukah sama dengan proses recruitment pada perusahaan?
BalasHapus